in ,

Sihir Biru Air Goa Hawang Maluku

Goa Hawang
Goa Hawang. Source: Instagram @goahawangid

Pernah punya pengalaman berenang di kolam renang indoor tapi atapnya bebatuan stalaktit? Jika jawabannya belum, coba deh rasakan sensasi berenang di dalam sebuah goa yang terletak di Desa Letvuan, Desa Kei Kecil. Goa Hawang namanya.

Goa Hawang adalah salah satu objek wisata alam yang terkenal di Pulau Kei Kecil. Lokasinya berada di tengah hutan, menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Jika kamu sering mengunjungi wisata goa, kamu akan langsung mengenali keunikan goa Hawang saat berada di mulut goa.

Jika biasanya lantai goa berupa tanah maka lantai goa hawang dipenuhi oleh air. Membentuk kolam renang yang airnya berwarna kebiruan, menyejukaan mata.

Air di kolam goa Hawang adalah air tawar. Airnya sangat bersih dan jernih. Saking jernihnya kamu bisa melihat stalagmit yang ada di dasar kolam. Kamu harus berhati hati saat berenang disini, karena batuan stalagmit runcing dan tajam. Jangan sampai kakimu terluka atau malah stalagmintnya yang rusak. Kekayaan alam di goa ini harus dijaga dengan baik.

Di bagian atasnya menggantung stalaktit yang terlihat sangat kokoh. Batuan besar menyerupai ujung tombak raksasa ini terbentuk secara alami. Saat terkena pantulan sinar matahari, stalaktit seolah mengeluarkan cahaya kerlap kerlip bagaikan bintang yang menyinari langit-langit goa.

Baca juga : Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Pemandangan indah seperti ini yang membuat betah pengunjung untuk berlama-lama berenang di kolam. Selain airnya yang segar juga tentunya. Air di goa hawang ini berasal dari Mata Air Evu, yang berlokasi tak jauh dari sini.

Mata Air Evu adalah sumber mata air terbesar di Pulau Kei Kecil. Airnya terhubung dengan sungai bawah tanah yang mengalir melewati Goa Hawang. Mata Air Evu juga destinasi wisata yang menawarkan pemandangan yang indah.

BACA JUGA  Tips Jalan-jalan Saat Pandemi Bagi Wisatawan Lokal

Di lokasi ini terdapat 2 buah goa yang terpisah sejauh 15 meter. Sangat unik, kedua goa ini hanya punya satu pintu masuk yaitu mulut goa pertama. Untuk bisa masuk ke goa kedua, kamu harus menyelami sungai bawah tanah tersebut. Karena sungai inilah satu-satunya penghubung kedua goa.

Saat menyelam ke dasar kolam, kamu bisa melihat 2 buah batu yang letaknya berdampingan. Yang satu ukurannya cukup besar dan satu lagi ukurannya kecil. Dua batu ini menonjol di tengah kolam. Dari permukaan kamu bisa melihatnya dengan jelas. Kedua batu ini dikenal sebagai legenda Goa Hawang.

Menurut legenda kedua batu ini adalah jelmaan seorang pemburu dan anjingnya. Konon kabarnya zaman dahulu kala ada seorang pemburu yang sedang berburu babi di tengah hutan. Dia ditemani oleh anjingnya. Babi tersebut lari ke dalam goa.

Si pemburu bersama anjingnya mengejarnya sampai ke goa. Namun tiba-tiba babi hilang entah kemana. Karena dahaga selama berburu, si pemburu berniat minum air kolam goa. Tiba-tiba dia mengumpat, karena air yang dinimun terasa pahit. Akibat mengucapkan kata-kata kotor, si pemburu dan anjingnya dikutuk jadi batu.

Legenda ini yang menyebabkan goa tersebut diberi nama Hawang, yang artinya adalah setan. Masyarakat setempat percaya bahwa goa Hawang masih bergentayangan roh jahat. Sehingga banyak larangan yang harus dipatuhi oleh para wisatawan.

Seperti larangan mengucapkan kata-kata yang tidak terpuji, berbuat jahat dan larangan bagi wanita yang sedang haid berenang di kolam goa. Aura mistis goa bisa dirasakan saat melihat akar-akar pohon yang menjuntai dari langit-langit goa.

Goa dengan pemandangan indah ini berada di tengah hutan. Memang dibutuhkan sedikit usaha yang lebih besar untuk mencapai lokasi. Jika kamu berasal dari kota Ambon, ambil penerbangan ke Bandara Dumatubun di kota Tual. Dari bandara tersedia mobil sewaan atau ojeg menuju goa Hawang. Perjalanan bandara menuju goa hawang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

BACA JUGA  Banda Neira yang Bukan Sekedar Nama

Dari area parkir kamu harus berjalan kaki menuju goa Hawang. Pemandangan hutan lebat akan menemanimu hingga kamu menemukan mulut goa. Sesampainya di mulut goa, arahkan pandanganmu ke bawah, karena kolamnya berada di bawah. Saat ini sudah tersedia tangga yang memudahkanmu turun ke kolam.

Sudah siap melihat sihir biru air goa Hawang di Maluku? Cek jadwal penerbangan Jakarta Maluku sekarang juga di www.hotelmurah.com/tiketpesawat

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Indahnya Maluku

Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Pantai Ngursarnadan

Terpesona Keindahan Pantai Ngursarnadan