in

Dumai Tak Sekedar Kota Minyak

dumai kota minyak

Dumai merupakan salah satu kota penting di Provinsi Riau. Sebab kabupaten yang terkenal sebagai kota penghasil minyak ini memegang peranan penting dalam perekonomian Riau. Sebagai kota yang berpenghasilan besar sudah tentu masyarakatnya sejahtera. Perdagangan di kota ini selalu ramai karena Dumai terletak di jalur perdagangan Malaka.

Perkembangan kotanya juga terjadi di sektor pariwisata. Banyak destinasi wisata baru berkembang di Dumai. Selain itu alamnya yang bagus mampu menarik kedatangan wisatawan. Dan jumlahnya bertambah setiap tahunnya. Disepanjang perjalanan dari kota Pekanbaru menuju Dumai kamu akan melihat deretan hutan tropis yang eksotis.

Jika kamu berwisata ke Dumai, ini pilihan tempat wisata menarik di Dumai.

Wisata Pantai

Kota Dumai yang terletak di daerah pesisir memiliki destinasi wisata pantai yang indah. Sebagai gerbang utama menuju Riau Daratan, kota Dumai disinggahi turis asing yang datang dari Malaka. Tak jarang dari mereka singgah dulu ke pantai-pantai yang ada di Dumai. Ada pantai Purnama, pantai Teluk Makmur, pantai Marina dan masih banyak lagi. Hampir kebanyakan pantai di Dumai fasilitasnya sudah lengkap. Ada area untuk parkir, mushalla dan toilet. Pasir pantai nya mempunyai ciri khas berwarna kuning kecoklatan. Aktivitas favorit yang dilakukan pengunjung bermain banana boat, fly fish, donat, mega bamboo. Fasilitas permainan air ini bisa kamu sewa. Ada juga yang mengelilingi laut dengan menaiki sampan. Banyak juga yang duduk duduk di pinggir pantai sambil nongkrong dengan teman-teman.

Tugu Lancang Kuning

Tugu Lancang Kuning merupakan sebuah perpustakaan. Berlokasi di tengah taman kota menjadikan perpustakaan ini ramai dikunjungi anak muda, terutama di sore hari. Perpustakaan ini dinamakan tugu lancang kuning karena diatas bangunannya terdapat ornamen lancang kuning. Lancang kuning adalah simbol provinsi Riau. Pemerintah setempat membangun tugu lancang kuning untuk meningkatkan minat baca anak muda Dumai. Karena keunikan bangunannya ini pengunjung seringkali berfoto dengan latar belakang tugu lancang kuning.

Hutan Bakau

Dumai yang tanahnya merupakan tanah gambut, ditumbuhi oleh pohon bakau yang subur. Hutan bakau yang dijadikan tempat wisata adalah hutan bakau di jalan nelayan laut ujung. Kawasan hutan bakau disini sebenarnya adalah salah satu kawasan konservasi bakau yang ada di Dumai. Yang paling sering datang kesini adalah pelajar atau peneliti yang sedang melakukan observasi pohon bakau. Terdapat 24 jenis bakau yang dilindungi, salah satunya adalah bakau belukap, merupakan jenis tanamana bakau yang hampir punah. Peneliti dari luar negeri pun sering datang kesini.

Masjid Agung Al Manan

Merupakan salah satu mesjdi kebanggan masyarakat Dumai. Masjid ini disebut sebut mirip dengan masjid Kelantan Malaysia. Dari bagian depan masjid terlihat dua buah kubah yang bertingkat, dimana kubah bagian bawah berukuran lebih kecil dan terletak tepat diatas teras pintu masuk. Di bagian kiri dan kanan masjid juga terdapat kubah. Didepannya berdiri dua menara menjulang tinggi, menambahan kemegahan mesjid ini.  Masjid didominasi oleh warna biru muda dan warna biru hijau di bagian kubah. Berlokasi di jalan lintas provinsi, masjid seringkali dikunjungi oleh musafir yang singgah untuk shalat dan beristirahat.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Liburan Bersama Keluarga? Wonder Water World Medan Bisa Menjadi Pilihan!

hotel dekat gedung sate bandung

Hotel Terbaik Di Dekat Gedung Sate Bandung