in

7 Cara Menukar Jadwal Tiket Kereta Api yang Sudah Dibeli

cara menukar jadwal tiket kereta api

Kamu wajib mengetahui cara menukar jadwal tiket kereta api untuk memudahkanmu ketika membutuhkannya. Penukaran jadwal ini biasanya terjadi karena waktu liburan yang diundur atau perjalanan bisnis yang berubah jadwal.

Kamu hanya perlu menyiapkan kartu identitas untuk bisa melakukan penukaran jadwal seperti di bawah ini.

Cara menukar jadwal tiket kereta api secara runtut

  1. Siapkan kartu identitas

Untuk hal ini kamu bisa menggunakan SIM, KTP maupun passport baik fotocopy maupun aslinya dan juga kode booking dengan bukti pelunasannya.

  1. Datanglah ke stasiun

Cara menukar jadwal tiket kereta api terbaru kedua adalah dengan datang langsung ke stasiun keberangkatan tersebut. Biasanya penukaran ini banyak terjadi untuk kebutuhan tiket kereta api jarak jauh.

  1. Datang ke petugas

Kemudian kamu bisa langsung datang ke petugas dengan menunjukkan kartu identitas dan kode booking-nya. Kemudian kamu bisa mengutarakan keinginan penggantian jadwal dengan tanggal yang telah ditentukan.

  1. Petugas akan mengkonfirmasi

Tunggulah beberapa saat sampai petugas selesai mengecekkan jadwal keberangkatan pada tanggal yang diinginkan. Bisa saja tanggal tersebut sudah habis jadi kamu harus menyediakan tanggal cadangan.

  1. Ada biaya admin

Harga tiket awal akan dipotong dengan biaya admin sebesar dua puluh lima persen. Kemudian uang tersebut akan langsung digunakan untuk membayar tiket dengan jadwal yang baru.

Ketika harga tiket yang baru lebih mahal maka kamu wajib membayar untuk sisa harganya saat itu juga. Namun jika harganya ternyata lebih murah kamu akan mendapatkan kembalian dari jumlah harga sebelumnya.

  1. Ketentuan

Ternyata ada ketentuan khusus mengenai tata cara menukar jadwal tiket kereta api ini yakni bukan hanya berlaku untuk penukaran jadwal saja. Kamu ternyata bisa menukarkan tiket berdasarkan tempat duduk dan juga kelas keretanya.

  1. Tiket baru

Tunggu beberapa saat sampai petugas memberikan tiket baru dengan jadwal yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengecek semua informasi pada tiketnya untuk menghindari adanya kesalahan.

BACA JUGA  2 Info Penting Tiket Kereta Api Karawang Jakarta Kota dan Wisatanya

Selain datang langsung ke stasiun kamu juga bisa mengubah jadwal ini secara online seperti di bawah ini:

  • Buka website pemesanan tiket kemudian langsung masukkan kode booking yang sudah terbayar lunas sebelumnya.
  • Kemudian pada menu yang sudah tersedia kamu bisa langsung memilih “ubah jadwal keberangkatan.”
  • Lanjut dengan memilih nama penumpang atau namamu yang ingin diubah jadwal keretanya.
  • Kemudian kamu bisa lanjut untuk memilih jadwal kereta yang diinginkan. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengubahnya tidak selalu tersedia tanggal yang diinginkan. Jadi kamu bisa memilih tanggal lain sebagai alternatif.
  • Pilih menu “pesan tiket” untuk mencari tiket tujuan dengan tanggal dan jumlah kursi yang masih banyak pilihannya. Cara ini akan membuatmu lebih cepat untuk mendapatkan kursi keretanya.
  • Kemudian kamu bisa kembali memilih jadwal yang tersedia pada websitenya.
  • Sama dengan penukaran jadwal secara offline kamu juga akan dikenakan biaya administrasi sebanyak dua puluh lima persen dari harga tiketnya.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk cara menukar jadwal tiket kereta api secara online dan offline. Kamu yang ingin beli tiket baru dapat juga pergi ke situs https://www.hotelmurah.com/tiketkeretaapi/ untuk booking tiketnya.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
tiket kereta api karawang jakarta kota

2 Info Penting Tiket Kereta Api Karawang Jakarta Kota dan Wisatanya

tiket kereta jaya

Tiket Kereta Jaya dan Fasilitas yang Tersedia