in

Ternyata Ini Dia Cara Bikin Paspor Online yang Mudah

cara membuat paspor online

Cara bikin paspor online- apabila kamu ada rencana ingin ke luar negeri, apakah itu untuk travelling, studi, atau yang lainnya. pasti membutuhkan yang namanya paspor. Atau sebaliknya kamu sudah ada paspor dan ingin memperpanjang masa berlakunya, jangan khawatir, berikut ini ada cara yang membuat itu semua menjadi mudah, yaitu melalui online.

Walaupun pada dasaranya ada cara yang bisa membuat paspor yaitu manual, namun tetap saja cara online ini jauh lebih mudah dan dapat menghemat waktu kamu. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa cara ini belum tentu membebaskan kamu untuk datang ke kantor imigrasi. Kamu tetap harus datang ke sini untuk melakukan verifikasi data, wawancara, serta pengambilan sidik jari dan juga foto.

Kantor Imigrasi ternyata juga menawarna e-paspor dan paspor non-elektronik, akan tetapi kita tidak membahas jenisnya hanya sekilas untuk membedakan saja agar kamu mengetahui. Jadi, dalam membuat paspor baru ataupun untuk perpanjang paspor bisa dilakukan secara online yang lebih mudah dari pada cara manual. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dalam membuat paspor secara online, diantaranya:

Penuhi Syarat-syaratnya Terlebih Dahulu

cara membuat paspor online

Jadi, sebelum kamu membuat paspor, kamu harus terlebih dahulu melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan, diantara syarat-syarat tersebut adalah:

Untuk kamu yang warga negara Indonesia (WNI), adapun syarat-syaratnya adalah

1. Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku

2. Kartu keluarga (KK)

3. Akta kelahiran atau surat baptis

4. Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah

5. Paspor lama jika untuk memperpanjang masa berlaku paspor

Sementara untuk anak warga negara Indonesia (WNI) adapun syarat-syaratnya adalah

1. KTP orang tua yang masih berlaku

2. Kartu Keluarga (KK)

3. Akta kelahiran

4. Buku nikah orang tua atau akta perkawinan

5. Paspor lama bagi yang ingin memperpanjang masa berlaku

Buka Laman Website Imigrasi

paspor online imigrasi

Apabila semua syarat telah terpenuhi, dan sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah membuka laman resmi imigrasi. Kamu bisa membuka websitenya di Http://www.imigrasi.go.id. Jika berhasil, maka pilih opsi Layanan Publik-Layanan Online. Setelah itu pilih Layanan Paspor Online.

Buka Pra Pemohonan Personal

layanan paspor online

Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah dengan membuka opsi pra permohonan personal

Lalu Mengisi Formulir

Setalh itu, kamu bisa mengisi formulir dengan mengisi semua data diri kamu. Perlu kamu ingat bahwa ada dua jenis paspor perorangan, yaitu jenis paspor 48 halaman dan jenis paspor untuk 24 halaman. Untuk yang lebih sedikit dari 24 halaman berarti itu untuk paspor tenaga kerja Indonesia (TKI), jadi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan jumlah suku kata pada nama, kamu bisa saja menambah suku kata nama kamu jika kurang dari tiga kata. Tambahan nama tersebut pun bisa diambil dari nama ayah, atapun kakek. Ini cukup penting, terutama jika keperluan kamu utuk umroh atay haji maka wajib mencantumkan tiga suku katanama dalam paspor.

Jika ini semua sudah selesai, dan kamu juga sudah menyertakan alamat email kamu, maka kamu akan menerima email infromasi pembayaran.

Lakukan Pembayaran

Kamu bisa langsung membayarnya melalui Bank BNI terdekat, atau bank lainnya yang mudah kamu jangkau. Jumlah yang harus kamu bayar adalah sejumlah yang tertera di email dan ditambah dengan pembayaran untuk jasa bank yaitu Rp. 5.000.

Apabila kamu sudah selesai membayarnya, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan validasi ke website agar data paspor kamu langsung diproses. Jika sudah selesai, kamu tinggal menunggu jadwal untuk foto dan wawancara sesuai dengan data yang sudah kami isi.

Datang ke Kantor Imigrasi

Apabila semunya sudah selesai dan berjalan dengan lancar, maka yang selanjutnya kamu lakukan adalah datang ke kantor imigrasi untuk wawancara, verifikasi data dan wawancara. Untuk wawancara, yang sering ditanyakan adalah tentang maksud untuk membuat paspor.

Mengambil Paspor

Terakhir adalah jika semua proses sudah kamu lakukan dengan baik, maka selanjutnya adalah tinggal mengambil paspor di kantor imigrasi tempat kamu mendaftar.

Itulah beberapa cara bikin paspor online, dari beberapa langkah di atas dapat kita lihat bahwa cara ini benar-benar mudah, selain itu syarat-syarat yang ada di online juga tidak begitu ribet sehingga bisa lebih efektif dan efesien.

Cara Membuat Paspor Online Melalui Aplikasi Antrian

Membuat paspor secara online ternyata juga bisa dilakukan melalui aplikasi, mulai dari bulan mei lalu kantor imigrasi ternyata menerapkan permohonan aplikasi yang dinami dengan Antrian Paspor. Sampai saat ini aplikasi ini sudah tersedia di Android sehingga semua orang bisa menggunakan aplikasi ini di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Antrian paspor ini di Play Store. Kemudian langsung lgin ke aplikasi. Akan tetapi, sebelum kamu melakukan registrasi kamu harus melakukan beberapa tahapan pada Antrian Paspor.

Yang harus kamu lakukan untuk membuat paspor ini adalah kamu harus mengisi data pribadi, mulai dari nama sampai nomor indik KTP. Jika data sudah terisi dengan lengkap, maka kamu sudah berhasil dan akan melakukan proses validasi. dengan begitu, kamu resmi terdaftar dalam aplikasi ini.

Langkah selanjutnya adalah kamu mengisi kolom nama dan password yang nanti akan menghubungkan kamu ke halaman pemohonan antrian. Di sini kamu akan memilih kantor imigrasi yang nantinya menjadi tempat untuk kamu membuat paspor. jika pilihan ini sudah selesai, kamu tinggal mengklik tombol lanjut. Nanti kamu akan mendapatkan email tentang konfirmasi waktu pembuatan paspor di kantor imigrasi tersebut.

Sekarang ini aplikasi ini baru bisa digunakan oleh pemohon yang ada di kantor imigrasi kelas I Jakarta Selatan. Namun jangan khawatir, aka ada kemungkinan seluruh wilayah bisa menggunakannya.

Pembuatan Paspor Melalui WhatsApp

Karena antrian yang begitu panjang dalam pembuatan paspor, maka Direktoran Keimigrasian, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia membuat solusi dalam masalah ini, yaitu kamu bisa membuat paspor melalui WhatsApp untuk mengajukan paspor secara manual ataupun secara online dan mendapatkan nomor antrian.

Adapun langkah-langkah dalam mendafrtakan paspor adalah:

· Langkah pertama, kirim pesan ke nomor WhatsApp imigrasi, sesuai dengan wilayah kamu (wilayah domisili)

· Langkah kedua, ketik data diri dengan format penulisan # nama# tanggallahir#tanggalkedatangan.

· Langkah ketiga, kamu tinggal menunggu balasan selanjutnya barupa barcode yang isinya kode booking, kamu juga mendapatkan nomor antrean serta jadwal untuk datang ke kantor imigrasi sesuai dengan kode bookingnya

· Langkah keempat, perlihatkan kode booking ketika kamu datang ke kantor, pemohon wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Apabila kamu terlambat, maka kode bookingmu akan hangus dan kamu harus daftra lagi dari awal.

· Langkah kelima, kamu harus memastikan hawa dokumen yang kamu bawa sudah lengkap. Apabila kurang maka pengajuan kamu akan ditolak

· Langkah keenam, pastikan kamu membawa dokumen asli dan semua data diri kamu yang ada di dokumen identik serta sama.

Itulah beberapa langkah dalam membuat paspor baik online atau manual melalui aplikasi WhatsApp. Namun perlu kamu ingat bahwa aplikasi ini tidak berlaku untk pengurusan paspor yang rusak atau paspor yang hilang. Semoag informasi ini bermanfaat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Ahmad Fauzani

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
pesawat lion air

Alur dan Tips Sabet Promo Tiket Murah Lion Air

dufan high season

Apa Yang Baru di Dufan?