in

Tips dan Cara Beli Tiket Kereta Api Online 

Salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kereta api. Anda mungkin adalah salah satunya, apalagi jika Anda berdomisili di Pulau Jawa. Jika dulu Anda harus mengantri di loket penjualan yang ada di setiap stasiun untuk membeli tiket kereta api atau bahkan melakukan pembelian lewat calo kalau tidak ingin repot, Anda sudah tidak perlu cemas lagi.

Sudah selama beberapa tahun belakangan ini, PT KAI mempergunakan situsnya dengan lebih maksimal, termasuk dalam melayani calon penumpang yang ingin memesan dan membeli tiket kereta api online. Bahkan, saat ini prosedur pemesanan sampai pembayaran menjadi jauh lebih mudah. Sebab, PT KAI sudah bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk untuk mempermudah proses pembayaran tiket yang telah dipesan calon penumpang.

Pesan Tiket Kereta Api Lewat Situs PT KAI

Berikut ini adalah panduan ringkas untuk memesan tiket kereta api online melalui PT KAI (https://kai.id).

  1. Akses website PT KAI.

Segera setelah halaman situs selesai dimuat, Anda akan temukan kolom pemesanan tikat pada halaman depan.

  1. Masukkan informasi tentang keberangkatan Anda.

Ada beberapa informasi penting mengenai keberangkatan yang perlu Anda masukkan di bagian kolom pemesanan tiket: stasiun asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang (dewasa dan/atau anak-anak). Lengkapi bagian-bagian tersebut dengan sesuai, lalu klik “Pesan & Cari Kereta”.

  1. Pilih kereta dan jadwal kereta.

Halaman berikutnya akan menampilkan daftar nama kereta api yang melayani rute yang Anda inginkan, beserta kelas, jam keberangkatan, jam kedatangan, lama waktu perjalanan, dan harga. Pilih kereta dan jadwal yang memang sesuai dengan jadwal atau keinginan Anda. Kemudian, klik tombol “Pesan” yang berwarna biru.

Setelah Anda mengeklik tombol “Pesan”, Anda lantas akan diminta memasukkan informasi untuk login. Jika Anda sudah memiliki akun di website resmi PT KAI, Anda bisa pilih untuk login. Jika belum, Anda bisa registrasi dulu atau lanjutkan proses pemesanan tiket kereta api online tanpa lakukan registrasi dulu.

  1. Periksa informasi booking dengan teliti.

Berikutnya, Anda akan membaca ringkasan informasi pemesanan tiket kereta api yang baru saja dilakukan. Baca dan periksa dengan cermat agar tidak ada detail yang salah. Misalnya tanggal keberangkatan yang salah atau jumlah penumpang yang kelebihan. Baru jika Anda sudah 100% yakin bahwa informasi yang ditampilkan sudah sepenuhnya benar, scroll sampai Anda temukan pernyataan bahwa Anda setuju serta memathui seluruh persyaratan dan ketentuan pemesanan. Klik kotak kecil di samping pernyataan tersebut, kemudian klik “Lanjutkan”.

  1. Masukkan informasi penumpang.

Informasi yang diperlukan pada bagian ini hanyalah nama serta nomor identitas penumpang. Kemudian, data diri Anda sebagai pemesan juga harus dimasukkan, yaitu nama, alamat email, nomor telepon, dan alamat tempat tinggal. Alamat email pemesan diperlukan agar sistem dapat mengirimkan konfirmasi pembayaran.

Yang perlu diperhatikan adalah adanya batas waktu yang dimulai sejak Anda sampai di bagian ini. Jadi, pastikan kalau seluruh informasi tersebut sudah ada di tangan Anda agar tidak ada waktu yang terbuang. Jika Anda sudah selesai mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan, klik captcha dan tombol “Selanjutnya”.

  1. Pembayaran.

Tentu saja pemesanan tiket belum dianggap sebagai pembelian jika Anda belum melakukan pembayaran. Sebelum membayar, Anda akan mendapati halaman yang menampilkan total harga tiket yang harus Anda bayarkan. Anda juga bisa mengubah nomor kursi atau pindah kursi pada halaman ini.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membayar tiket kereta api yang sudah dipesan, seperti lewat ATM, layanan internet banking, melalui berbagai swalayan moderen yang paling dekat dengan lokasi Anda, atau lewat payment point yang sudah bekerja sama dengan PT KAI (Flashmobile Channel dan kantor Pos). Yang perlu Anda ingat adalah batas waktu pembayaran selama 1 jam. Jadi, jika pembayaran dilakukan melebihi batas itu, maka booking Anda akan hangus.

Tips Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

Agar seluruh proses pemesanan tiket kereta api online berjalan dengan mulus, alangkah baiknya jika Anda simak beberapa tips berikut ini!

  1. Reservasi sudah bisa dilakukan sejak H-90.

Kalau rencana perjalanan Anda sudah matang berbulan-bulan sebelum tanggal keberangkatan yang diinginkan, Anda bisa segera pesan tiket kereta api langsung! Sebab, Anda bisa lakukan pemesanan sejak H-90 alias 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, misalnya Anda sudah berencana untuk berangkat tanggal 12 September. Artinya, Anda bisa pesan tiket kira-kira sejak tanggal 12 Juni.

  1. Pilih cara pembayaran tiket yang paling mudah untuk Anda.

Mengingat terbatasnya waktu yang disediakan bagi Anda untuk melakukan pembayara, tentu pilih saja cara yang memang paling mudah dan cepat untuk Anda. Misalnya, Anda bisa pilih pembayaran lewat internet banking jika Anda masih sibuk di kantor dan tidak bisa keluar ruangan.

  1. Pastikan sambungan internet Anda stabil.

Kalau Anda tidak berencana memesan tiket secara online pada musim libur panjang atau mudik, hal ini mungkin tidak terdengar begitu penting. Tapi, kalau jadwal perjalanan Anda adalah pada musim-musim sibuk, maka faktor koneksi internet jadi semakin penting. Apalagi jika Anda memesan tiket untuk mudik, karena dijamin jatah tiket yang ada akan cepat terjual habis alias ludes. Sebab, orang-orang akan langsung menyerbu begitu periode pemesanan dibuka, walaupun itu tengah malam sekalipun!

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Pembayaran Tiket

Apakah kalau Anda sudah membayar tiket yang Anda pesan, artinya semua urusan sudah selesai? Jawabannya adalah tidak. Sistem akan mengirimkan sebuah konfirmasi pembayaran yang berisikan informasi penting. Nah, informasi itu akan Anda butuhkan untuk mencetak tiket di stasiun tempat Anda berangkat nanti. Anda juga perlu mencetak boarding pass sebelum bisa memasuki peron yang Anda tuju.

Situs Pemesanan Tiket Kereta online Lainnya

PT KAI juga sudah bekerja sama dengan pihak-pihak yang menyediakan layanan pemesanan tiket secara online lainnya. Nah, Anda juga bisa manfaatkan situs-situs tersebut untuk memesan dan membeli tiket kereta api online sebagai alternatif dari website resmi PT KAI. Apalagi, situs-situs tersebut juga terkadang menawarkan potongan harga atau harga khusus pada waktu-waktu tertentu sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran Anda! Soal keamanan, Anda tidak perlu cemas karena PT KAI jelas sudah memperhitungkan faktor tersebut ketika memutuskan untuk bekerja sama dengan situs-situs tersebut, kan?

Itulah beberapa informasi ringkas namun penting mengenai pemesanan tiket kereta api secara online, terutama lewat situs resmi PT KAI. Oh iya, Anda juga bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi resmi PT KAI untuk perangkat iOS atau Android, lho. Prosedurnya kira-kira sama dan jelas sama praktisnya karena Anda bisa lakukan pemesanan langsung menggunakan perangkat smartphone Anda. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan Anda dengan kereta api!

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Nyamannya Menginap di Gajah Villa

14 Hotel Dekat Kartika Sari Bandung