in

Beningnya Aliran Air di Goa Kristal Kupang

goa kristal kupang

Ekstisme wilayah Indonesia timur memang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satunya kota Kupang yang menjadi ibukota Provinsi NTT. Berada di wilayah Teluk Kupang, kota terbesar di Pulau Timor ini mempunya banyak destinasi wisata eksotis yang sangat sayang jika dilewatkan, salah satunya adalah goa kristal

Persis seperti namanya, di Goa Kristal ada kolam yang airnya bening bak kristal. Penampakan goa yang sangat alami ini sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda adanya sebuah oase cantik didalamnya. Dari luar tampak seperti goa kecil yang tertutup semak-semak. Namun sesampainya di dalam kamu akan dibuat terkagum kagum dengan kecantikan kolam beningnya.

Goa ini terletak di daerah Pelabuhan Bolok, sekitar 20 km dari pusat kota Kupang. Tak sulit menemukan lokasi goa karena sudah ada petunjuk jalan yang jelas. Patokannya adalah pos polisi air Pelabuhan Bolok. Dari area parkiran kamu harus berjalan kaki sejauh 500 m menuju bibir goa. Dari bibir goa kamu harus menuruni batuan terjal dan licin sejauh 25 m. Tidak ada penerangan disini jadi sebaiknya kamu bawa senter sendiri.

Meskipun sulit, semua akan terbayarkan saat akhirnya kamu bisa melihat kolam di goa kristal yang memikat banyak wisatawan. Kolamnya tidak begitu luas, panjangnya 10 m dengan lebar 3 m dan kedalaman 8 m. Warnanya yang biru tua dan biru muda adalah perpaduan yang sangat sempurna. Dasar kolam yang berwarna putih akan terlihat jelas saat terkena cahaya. Destinasi wisata ini sangat cocok dengan udara kota Kupang yang panas. Airnya yang dingin menjadi oase ditengah teriknya matahari.

Air di kolam ini adalah air payau, karena memang goa ini terhubung dengan air laut yang tak jauh dari goa. Air yang berasal dari pori-pori goa jatuh dari sisi stalaktik yang ada di langit-langit goa. Tentunya pemandangan langit-langit goa ini juga menjadi daya tarik goa ini. Selama perjalanan menuju goa kristal kamu akan melewati pantai Lasiana yang merupakan salah satu pantai eksotis di Kupang.

Tips dan Trik berkunjung ke Goa Kristal

  • Bawa senter pribadi karena tidak ada guide yang bisa memandumu masuk ke goa
  • Destinasi wisata ini tidak cocok untuk anak kecil karena jalan yang ditelusuri didalam goa licin dan terjal
  • Sangat disarankan mengenakan pakaian renang mengingat kolamnya cukup dalam
  • Bawa perbekalan yang cukup karena tidak ada penjual makanan disekitar goa
  • Perhatikan barang bawaan dan jangan pernah meninggalkan sampah atau merusak keindahan goa

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
sweet pea

3 Cafe Instagramable dan Hits di Blitar

omah kayu batu

Awas Bakal Makin Narsis Jika Foto Disini