in

101 Trik Berburu Tiket Kereta Api Lokal Secara Online dan Go Show

Berburu Tiket Kereta Api Lokal Secara Online
Berburu Tiket Kereta Api Lokal Secara Online

Membeli tiket kereta api lokal sudah menjadi rutinitas bagi para penggemar traveling. Perjalanan menggunakan kereta api jauh lebih nyaman dan terjangkau apalagi jika Anda memilih liburan ala backpacker yang harus menghemat uang saku. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mampu membedakan antara kereta api lokal dan kereta api lainnya.

Pengertian tiket kereta api lokal

tiket kereta api lokal

Yang dimaksud dengan kereta api lokal adalah layanan transportasi kereta api untuk menjangkau daerah – daerah di tanah air. Secara teknis, kereta api ini menyediakan layanan perjalanan kereta api jarak pendek dan jarak menengah.

Keunikan dari kereta api lokal jarak dekat terletak pada jumlah kursi dan fasilitasnya yang standar. Bila dihitung dengan cermat, jumlah seat di KA jarak menengah jauh lebih banyak daripada jarak pendek. Kemungkinan besar karena jarak perjalanannya yang lebih jauh hingga 100 kilometer.

Cara naik KA untuk pemula

Melakukan sesuatu untuk yang pertama kalinya, terkadang terasa sulit dan mendebarkan. Kekhawatiran keliru selalu ada hingga membuat Anda merasa tidak nyaman juga gelisah. Jika biasanya Anda menggunakan bus untuk perjalanan jarak pendek dan menengah, simak cara naik KA lokal berikut ini:

  • Pesan tiket kereta api

Langkah pertama tentu saja memesan tiket kereta api sebagai izin masuk dan menggunakan fasilitas transportasi tersebut. Proses pemesanan tiket KA lokal bisa dilakukan go show atau secara online.

BACA JUGA  Stasiun Tujuan dan Keberangkatan Tiket Kereta Api Surabaya Bandung Ekonomi

Kelemahan pesan tiket kereta api lokal go show, Anda harus mengantre cukup lama dan tentunya kurang baik di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi jika Anda membeli tiketnya di musim liburan atau akhir pekan. Di mana, penumpang yang menggunakan kereta api lebih banyak dari hari kerja.

Akan lebih baik Anda melakukan pemesanan secara online, misalnya melalui kami di hotelmurah. Usai membeli tiket KA secara online, simpan e-tiket tersebut dengan baik. E-tiket nantinya bisa Anda tukarkan dengan tiket fisik ketika melakukan check-in di stasiun.

  • Cetak boarding pass

Selanjutnya adalah mengantre di counter check-in, tujuannya untuk mencetak boarding pass Anda. Tanpa boarding pass, meskipun Anda memiliki e-tiket, Anda tidak akan diizinkan petugas untuk naik ke gerbong. Untuk menghindari antrean panjang, datang lebih awal ke stasiun kereta api.

Di beberapa situs atau aplikasi jual tiket kereta lokal biasanya tersedia promo menarik. Dapatkan promo diskon atau cashback tersebut sebelum Anda masuk ke tahapan boarding pass ini.

Cara mendapatkan boarding pass sangat mudah. Anda cukup input kode booking tiket yang diterima dari situs belanja tiket online pada mesin CTM. Jika kode yang diinput benar secara otomatis mesin akan mengeluarkan boarding pass Anda.

  • Perlihatkan boarding pass pada petugas

Ambil boarding pass yang sudah dicetak bersamaan dengan KTP Anda untuk ditunjukkan pada petugas peron. Boarding pass tersebut tidak hanya diperlihatkan tapi juga  di scanning dan dicocokkan dengan data identitas yang Anda serahkan.

Usai scanning boarding pass, jangan langsung membuangnya. Simpan boarding pass tersebut karena biasanya akan dilakukan pengecekan tahapan kedua di dalam KA. Pastikan Anda menyimpannya dengan aman, jangan sampai terselip bahkan terjatuh.

  • Naik dan cari seat

Jika jadwal keberangkatan kereta api Anda sudah sangat dekat, segera masuk ke gerbong . Anda bisa bertanya pada petugas yang melintas letak gerbong kereta api Anda. Naik dan cari seat berdasarkan pada informasi di tiket kereta api.

BACA JUGA  3 Cara Booking Tiket Kereta Api di Alfamart Terupdate

Masing-masing boarding pass memiliki informasi lengkap termasuk nama kereta, nomor kereta api, tanggal berangkat juga nomor seat Anda. Anda tidak bisa sembarangan duduk di seat milik orang lain. Harus duduk berdasarkan seat yang Anda pilih sejak awal.

Trik berburu tiket kereta api go show

Membelit tiket kereta api bisa dilakukan dengan dua cara, pertama go show atau online. Jika Anda lebih suka cara pertama, lakukan trik berikut ini agar tidak kehabisan tiket go show yang Anda butuhkan:

  1. Datang 2-3 jam sebelum jadwal keberangkatan

Pertama-tama, silakan Anda datang minimal 2 jam sebelum jam keberangkatan. Datang lebih awal memungkinkan Anda menerima tiket lebih cepat dan menghindari kehabisan tiket. Memang tidak praktis dan melelahkan bila dibandingkan dengan beli tiket online.

  1. Cek terus papan pengumuman

Di stasiun umumnya terdapat papan pengumuman yang berada persis di sekitar loket. Daripada Anda memperhatikan layar ponsel atau bermain game, pusatkanlah perhatian pada papan tersebut. Jika Anda kehilangan fokus, risiko tidak mendapatkan tiket kereta api sangat besar. Karena yang mengandalkan alat transportasi ini bukan hanya Anda saja.

  1. Siapkan uang tunai sesuai harga tiket kereta api lokal

Agar proses pembelian tiket berjalan lancar dan cepat, siapkan uang tunai yang pas dengan harga tiket KA. Sehingga, Anda tidak perlu menunggu uang kembalian atau justru kekurangan uang.

Membeli tiket KA bukan seperti menitip absen dimana Anda bisa meminta bantuan teman. Jika Anda pergi sendiri, Anda hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk mendapatkan tiket KA yang dibutuhkan.

Trik berburu tiket kereta api online

Berburu Tiket Kereta Api Lokal Secara Online
Berburu Tiket Kereta Api Lokal Secara Online

Daripada terus mengandalkan tiket go show yang belum pasti. Mengapa Anda tidak memesan tiket secara online? Cara online memang lebih praktis dan menjanjikan. Anda tidak perlu repot-repot datang 2-3 jam di stasiun karena bisa melakukan pemesanan dari rumah.

BACA JUGA  Budget dan Perjalanan Tiket Kereta Api Jayabaya Jakarta Malang

Jika Anda memilih cara beli tiket kereta online melalui situs/ aplikasi, silahkan ikuti tutorial mudahnya berikut:

  • Pilih stasiun asal dan stasiun tujuan

Silakan unduh apk atau buka situs beli tiket kereta api yang terpercaya, misalnya hotelmurah.com. Di halaman pesanan tiket KA, Anda akan menemukan beragam informasi yang harus diisi. Pertama adalah pilih stasiun asal juga stasiun tujuan.

  • Pilih tanggal berangkat

Selanjutnya, silakan Anda masukkan tanggal keberangkatan. Jangan masukkan tanggal yang sama dengan tanggal reservasi hotel jika durasi perjalanan yang dibutuhkan lama. Pilih tanggal satu hari sebelumnya.

  • Pilih kategori penumpang

Masukkan kategori penumpang, apakah terdiri dari orang dewasa atau anak-anak? Sebelum cek harga tiketnya, tambah jumlah tiket yang dibeli terlebih dahulu. Setelah itu, pilih kelas tiket KA yang tersedia. Jangan lupa tetapkan ingin beli tiket pulang-pergi atau sekali jalan. Jika ada promo tiket dadakan Anda bisa memasukkan kodenya.

  • Konfirmasi dan lunasi pemesanan

Setelah semua informasi yang diinput benar, segera lakukan konfirmasi terakhir dengan membayar pesanan tiket kereta api Anda.

  • Simpan kode booking/ e-tiket

Setelah aplikasi menerima jumlah pembayaran pembelian tiket KA. Kode booking tiket akan langsung dikirimkan ke email maupun SMS. Simpan kode tersebut dengan baik untuk check-in di stasiun.

Di atas merupakan tutorial belanja tiket KA secara online. Di mana pun Anda belanja tiket online, lakukan pemesanan dengan urutan yang benar. Kesalahan sedikit apa pun bisa mempengaruhi pesanan tiket yang Anda buat. Jadi hindari kesalahan saat pesan tiket kereta api lokal, upayakan untuk selalu melakukan double checking.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
tiket termahal di indonesia

Tiket Kereta Termahal Di Indonesia Lengkap Dengan Fasilitas Mewahnya

Tempat wisata di Riau

Ini dia 11 Tempat Wisata di Riau yang Paling Ramai