in

Untung Mana? Tagihan Listrik Pascabayar vs Prabayar

tagihan listrik pascabayar
tagihan listrik pascabayar

Di abad ke-21 hampir seluruh masyarakat di Indonesia membayar tagihan listrik. Sistem tagihan yang dianut negara kita adalah sistem pascabayar dan prabayar. Masing-masing sistem memiliki ciri khasnya tersendiri, juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Agar lebih memahami tagihan prabayar dan listrik pascabayar, simak penjelasan berikut.

Kekurangan dan kelebihan tagihan listrik pascabayar

tagihan listrik pascabayar

Tagihan pascabayar listrik merupakan tagihan konvensional yang dibebankan oleh PLN pada pengguna listrik setelah satu bulan pemakaian. Tepatnya di akhir bulan mengikuti jumlah akumulasi tagihan. Setiap rumah tangga, perkantoran dan gedung bangunan menanggung tagihan pascabayar listrik yang berbeda-beda.

  1. Kekurangan Listrik Pascabayar

Anda yang tidak pernah mengurus pembayaran tagihan apa pun termasuk pemakaian listrik. Mungkin tidak begitu akrab dengan pascabayar listrik. Berikut ini sejumlah kekurangannya.

  • Penunggakan sama dengan pemutusan listrik

Karena listrik digunakan terlebih dahulu, sudah menjadi kewajiban bagi pengguna menyiapkan dana pembayaran ketika tenggat waktu pelunasan semakin dekat. Semakin lama menunda pelunasan tagihan maka semakin besar pula kemungkinan listrik di rumah terputus.

Catat deadline tagihan pembayaran listrik supaya tidak lupa, baik di smartphone atau notes. Pelajari pula bagaimana cara membayar tagihan listrik pascabayar secara online.  Pembayaran secara online jauh lebih menguntungkan karena promo-promo menarik yang ditawarkan. Misalnya lewat situs hotelmurah.com dimana Anda bisa cepat melakukan pembayaran dan kadang ada promo menarik ditawarkan.

  • Pemakaian tidak bisa dikendalikan

Sama seperti makan dan minum, penggunaan listrik juga dilakukan setiap hari. Anda tidak mungkin memutus listrik di hari ini lantas menyalakannya kembali keesokan harinya bukan?

BACA JUGA  2 Macam Tutorial Cek Tagihan Listrik Medan

Padahal semakin sering menggunakan listrik semakin terbiasa pula Anda. Sehingga tanpa bisa dihindari, barang elektronik di rumah terus digunakan. Otomatis penggunaan energi listrik makin besar yang membuat tagihan semakin membengkak.

Itulah mengapa listrik pascabayar sulit dikontrol. Anda juga tidak bisa mengecek berapa penggunaan energi listrik dalam sehari atau seminggu sebelum memasuki jadwal tagihan yakni di akhir bulan.

  • Cukup Mengganggu Privasi

Dalam satu bulan sekali terkadang petugas PLN akan datang untuk melakukan pengecekan meteran listrik. Kondisi ini sangat mengganggu apalagi jika Anda tergolong pribadi tertutup. Pemasangan meteran listrik juga tidak bisa dilakukan jauh dari rumah, umumnya melekat di tembok depan rumah.

Baca Juga artikel lainnya7 Cara Cek Pembayaran Listrik Dengan Mudah dan Cepat

  1. Kelebihan listrik pascabayar

Meskipun memiliki tiga kekurangan, listrik pascabayar juga punya sejumlah kelebihan. Kelebihan inilah yang dipertimbangkan banyak orang untuk memilih listrik pascabayar.

  • Tidak repot isi token listrik

Listrik pascabayar sumber listriknya langsung diberikan oleh PLN. Anda tidak perlu lagi melakukan pengisian pulsa ketika habis. Agar lampu di rumah tetap terang berikut barang elektronik yang berfungsi. Lunasi tagihan listriknya sebelum masa tenggang supaya tidak diputus sepihak oleh PLN.

Biasanya meteran token akan mengeluarkan bunyi alarm pengingat jika Anda harus mengisi pulsa listrik yang hampir habis.

  • Jumlah energi listrik yang tersedia tak terbatas

Karena tidak menggunakan pulsa listrik otomatis pengguna listrik pascabayar bebas menggunakan barang elektronik atau menyalakan lampu kapan saja. Tanpa khawatir listrik mati akibat pulsa habis. Kondisi ini sangat menguntungkan jika kebutuhan listrik di rumah Anda sangat besar. Sehingga tidak perlu membeli pulsa token berulang kali.

  • Perhitungan listrik jauh lebih akurat

Sistem perhitungan tagihan pascabayar listrik sudah terintegrasi dengan baik dan akurat. Sehingga, pengguna listrik bisa melakukan pengecekan dan mendapatkan nominal tagihan yang tepat setiap bulannya.

BACA JUGA  Cek Tagihan Listrik 12 Bulan Terakhir dan Cara Pembayarannya

Kekurangan dan kelebihan tagihan listrik prabayar

  1. Kekurangan listrik prabayar

Dalam menggunakan energi listrik, masyarakat juga dapat memilih untuk menggunakan listrik prabayar. Apabila Anda lebih condong ke listrik prabayar. Simak berbagai kekurangannya berikut ini:

  • Potensi listrik mati mendadak lebih tinggi

Sayangnya, satu kekurangan listrik prabayar adalah mati yang mendadak ketika pulsa habis. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau Anda harus segera melakukan pengisian pulsa token prabayar dengan membeli listrik token online.

Jika tidak diisi juga pulsa listriknya, rumah Anda tidak akan mendapatkan energi listrik yang dibutuhkan. Sebelum memasang meteran token, pastikan Anda sudah bisa mengisi token di meteran seorang diri.

  • Perlu buat kalender pengisian pulsa

Karena pulsa yang cepat habis, Anda harus membuat kalender pengisian pulsa sebagai solusi pengisian pulsa listrik tercepat. Sehingga pulsa listrik bisa langsung diisi sebelum habis energinya. Cara ini mungkin merepotkan karena Anda harus melingkari kalender setiap bulannya. Belum lagi membuat pengingat pengisian pulsa token di notes atau smartphone.

  1. Kelebihan listrik prabayar

Sementara ada lebih banyak kelebihan memakai listrik prabayar dibandingkan kekurangannya seperti berikut ini:

  • Penggunaan listrik jauh lebih terkendali

Karena menggunakan pulsa listrik maka pemakaian listrik prabayar memungkinkan penggunanya mengendalikan penggunaan energi listrik. Bila biasanya membiarkan AC terus menyala bahkan di musim hujan. Setelah menggunakan token, AC cenderung dimatikan ketika udara di ruangan sudah terasa lebih sejuk.

Begitu pula dengan penggunaan barang elektronik lainnya yang dikurangi intensitasnya. Agar tidak melampaui nilai pembelian token yang dilakukan sebelumnya.

  • Tidak dipungut beban tagihan bulanan

Jika ketika menggunakan listrik pascabayar Anda merasa memiliki hutang finansial. Maka dengan token Anda tidak terbebani tagihan bulanan. Pembayaran tagihan sudah diselesaikan ketika Anda membeli pulsa listrik. Tagihan yang dilunasi juga berdasarkan kemampuan finansial Anda.

BACA JUGA  Periode Tanggal Tagihan Listrik 2022 Penting Jangan Sampai Telat Bayar

Pemakaian listrik prabayar secara tidak langsung telah membantu Anda berhemat. Pengeluaran rumah tangga per bulan untuk listrik bisa dipangkas dan dialokasikan sisa uangnya untuk ditabung.

  • Bisa Isi pulsa sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial

Di situs atau aplikasi online, listrik token dijual minimal Rp 20.000. Artinya, pengguna token bisa membeli pulsa dalam nominal minimal atau maksimal. Tergantung kebutuhan daya listrik per bulan.

Bila Anda terbiasa menghemat penggunaan elektronik, belilah token dengan harga lebih murah. Sementara untuk kebutuhan lebih banyak, beli nominal pulsa yang lebih besar.

  • Tidak diberi denda dan sanksi ketika terlambat bayar tagihan

Saat membayar tagihan pascabayar, hal pertama yang dilakukan adalah cek tagihan listrik. Setelah mengetahui berapa nominal tagihannya, apakah Anda langsung melunasi pembayaran?

Menunggu pembayaran listrik hingga melampaui masa tenggang hanya akan membuat Anda terkena denda atau sanksi. Sanksi paling buruk, listrik di rumah akan diputus sementara oleh PLN. Hingga Anda berhasil melunasi tagihan pascabayar.

  • Tidak memiliki masa kadaluwarsa

Jika pulsa seluler memiliki masa kadaluwarsa maka listrik token tidak. Jika Anda lebih sering bepergian di rumah dan tidak kembali dalam sepekan. Listrik yang harusnya awet hingga 3 pekan masih tetap bisa digunakan selama 3 pekan setelah Anda sampai di rumah. Tidak terjadi penggunaan listrik yang mengurangi jumlah energi. Listrik juga tidak hangus hingga menyisakan 2 pekan saja.

Pilih yang mana, pascabayar atau prabayar?

Dari kedua jenis listrik di atas, mana yang menurut Anda paling menguntungkan. Bila dipahami secara logika, masing-masing sistem energi listrik memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pilih sistem listrik yang sekiranya cocok dengan kebutuhan energi listrik di rumah Anda.

Jangan memaksakan menggunakan listrik pascabayar bila Anda tidak mampu membayar tagihan yang besar di akhir bulan. Pilih sistem listrik di rumah secara bijaksana karena tagihan listrik tidak bisa dihindari begitu saja.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
curug sikopel

Ini 5 Tempat Wisata Populer 2020 di Banjarnegara

Kelebihan Token Listrik, Biaya dan Syarat Pemasangannya