in

Pantai Banyuwangi Menjadi Pantai Syariah Pertama di Indonesia

Source Img @oryzaes

Destinasi wisata di Asia khususnya Indonesia mulai melirik pasaran muslim traveller. Tren wisata Syariah mulai berkembang di Indonesia dan Pantai Syariah Banyuwangi sebagai pioneer nya. Disebut pantai Syariah karena lokasi wisatawan pria dan wanita dibedakan. Pantai yang terletak di Kabupaten Banyuwangi Kelurahan Karangrejo dipersiapkan untuk traveller muslim yang ingin menikmati indahnya pantai yang dikenal sebagai The Sunrise of Java. Pantai yang dulu dikenal dengan nama Pantai Pulau Saten dibuat oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mengembangkan sektor pariwisata Kabupaten Banyumas.

Ide membuat pantai Syariah ini datang dari perbincangan Bupati Banyuwangi Bapak Abdullah Azwar Anas dengan pengusaha asal Qatar. Bahwasannya Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam adalah pasaran wisata yang punya potensi besar, khususnya kaum hawa. Maka kawasan yang dulunya adalah lokalisasi Pakem yang sudah ditutup pada tahun 2013 diubah menjadi kawasan wisata syariah. Sedikit demi sedikit pantai syariah banyuwangi dibenahi sehingga lama kelamaan tempat ini jadi destinasi wisata popular.

Di pantai syariah banyuwangi kamu bisa menikmati keindahan pantainya sambil selonjoran di kursi empuk berwarna warni, di bawah payung sehingga terlindung dari paparan sinar matahari. Konsep syariahnya sangat terasa disini. Selain lokasi wisata untuk pria yang terpisah dari wanita, disini disediakan toilet dan mushalla dengan konsep pemisah antara pria dan wanita. Setiap masuk waktu shalat akan terdengar lantunan suara azan. Semua makanan dan minuman yang dijual sudah dijamin halal. Pramusaji nya juga menggunakan hijab. Yang paling menarik dari pantai syariah banyuwangi adalah adanya kewajiban bagi wisatawan yang berkunjung untuk membawa kantong plastik untuk membuang sampah sendiri. Dan sebelum meninggalkan pantai berkunjung wajib membuangnya di tempat sampah yang sudah disediakan.

Dari pantai banyuwangi akan terlihat pulau Bali dari kejauahan. Sehingga sunrise disini menjadi sedikit berbeda, jika kamu beruntung datangnya saat cuaca cerah, sunrise akan terlihat dengan latar belakang pulau dewata. Pasir pantainya berwarna hitam, air lautnya sangat jernih dengan lanskap pantai yang melengkung. Pohon santen menjadi ciri khas pantai, itulah sebabnya mengapa dulu pantai dinamakan pantai pulau santen.

Jika ingin bermalam banyak hotel disekitaran pantai. Salah satunya adalah Hotel Blambangan. Hotel blambangan adalah hotel bintang tiga yang terletak hanya 20 menit berjalan kaki dari pantai Banyuwangi.Kamu bisa booking hotelnya disini Hotel Blambangan mengusung konsep modern dengan sentuhan vintage. Nuansa vintagenya terlihat dari penggunaan furniture dan menggunakan konsep jendela kayu. Menginap disini akan memberikan sensasi menginap di rumah kuno yang terasa hommy. Saat checkin kamu akan dilayani oleh petugas yang ramah sambil menikmati kopi atau teh sebagai welcome drink.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Menikmati Sisi Lain Danau Singkarak dari Puncak Gobah

Pondok Wisata Umbul Sidomukti