in ,

Panorama Alam Kota Banjar Yang Tak Pernah Pudar

panorama alam kota banjar
Source Img IG @situmustika_kotabanjar

Banjar adalah sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Kota kecil yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang asri dan masih perawan memiliki destinasi wisata yang patut dicoba. Apa saja? Berikut pilihannya

Panorama Alam Kota Banjar

Melepas Kesegaran di Situ Mustika

Berada didaerah pinggir pantai menjadikan kota Banjar bercuaca panas. Panas-panas gini memang enaknya mencari tempat yang sejuk salah satunya adalah Situ Mustika. Situ Mustika merupakan sebuah kawasan wisata yang didalamnya pengunjung dapat menikmati sejuknya udara hutan jati nan rimbun, melihat danau Mustika yang menyimpan sejarah kota Banjar dan bermain air di kolam renang.

Terletak di kaki Gunung Babakan menjadikan udara di Situ Mustika terasa sejuk dan segar. Sambil menikmati udaranya kamu bisa menikmati keindahan pemandangan danau Mustika. Ada sejarah menarik disini. Dulunya Danau Mustika adalah lokasi tempat menyimpan mustika atau pusaka peninggalan Kerajaan Galuh dan Panjalu. Danau ini memiliki pulau di tengahnya, kamu bisa menyeberangin jembatan gantung untuk sampai ke pulau ini.

Fasilitas disini cukup lengkap. Pengunjung akan sangat nyaman berkeliling hutan jati karena jalan setapaknya menggunakan paving block. Terdapat bangku dan taman untuk pengunjung duduk-duduk melepas lelah. Toilet, mushalla, tempat parkir dan restoran juga ada. Tak heran Situ Mustika ramai dikunjungi saat weekend. Tempat wisata ini juga sering dikunjungi anak sekolah untuk kegiatan pramuka.

Mati Air Ajaib di Bukit Mandalere

Yang paling dicari dari Bukit Mandalere adalah pemandangannya yang eksotis. Tebing batu berwarna coklat kemerah-merahan yang berdiri tegap dibelakang danau Mandalere menjadi spot keren untuk berfoto. Tebing batu ini merupakan tambang batu yang menjadi mata pencarian warga setempat. Disini kamu bisa merasakan sensasi naik rakit untuk mengitari danau yang tak begitu luas ini.

BACA JUGA  Tempat Wisata di Bantaeng yang Paling Sering Dikunjungi

Selain pemandangan bukit dengan danau yang eksotis, pengunjung juga mencari mata air yang tak sengaja ditemukan saat kendaraan berat menggerus bukit Mandalere. Sejak itu air tak berhenti mengalir dari sumbernya. Sumber mata air ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit sehigga lama kelamaan disebut sebagai mata air ajaib.

Bukit Mandalere terletak di Langensari, Kerjasari. Cukup mudah menuju kesini, dari kota Banjar hanya berjarak 20 menit lewat jalan Langkaplancar. Kamu tinggal perhatikan papan petunjuk jalan karena sudah cukup jelas arahnya.

Berburu Sunrise di Puncak Pagerbatu   

Ada pecinta senja dan ada juga pecinta subuh. Bagi kamu pecinta subuh sudah wajib mencoba berburu sunrise di Puncak Pagerbatu yang berlokasi di Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman. Di Puncak Pagerbatu kamu bisa melihat keindahan sunrise saat matahari mulai muncul di ufuk timur. Hangatnya matahari pagi yang menyinari kota Banjar tampak sangat indah dilihat dari ketinggian. Dari 3 spot selfi yang sudah disediakan kamu bisa menyaksikan pemandangan alam pegunungan yang mengelilingi kota Banjar.

Belum ada fasilitas apapun disini, hanya ada pedangan kecil yang merupakan warga sekitar. Warga sekitar secara mendiri melakukan perbaikan-perbaikan demi mempercantik Puncak Pagarbatu. Diharapkan tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi. Tidak dipungut biaya untuk bisa berfoto, hanya biaya parkir dengan harga seikhlasnya. Uang yang terkumpul nanti akan digunakan untuk biaya pengelolaan.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
cek tagihan listrik bulanan

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat HP?

wisata bukit madura

Ini Dia 3 Wisata Bukit di Madura