in

Wisata Museum Tekstil Palembang

museum-tekstil-palembang
Museum Tekstil Palembang. Source Instagram @ig.basenk

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin lebih familiar dengan museum yang menyuguhkan cerita-cerita bersejarah di Indonesia. Seperti Museum Geologi di Bandung, Museum Kereta Api di Ambarawa dan Museum Gunung Merapi di Jogja. Namun tahukah kamu bahwa Indonesia juga punya Museum Tekstil?

Salah satu Museum Tekstil bisa kamu temukan di kota Palembang. Museum Tekstil Palembang adalah destinasi wisata terfavorit para pecinta sejarah. Museum yang menampung kurang lebih 500 macam koleksi barang yang bersejarah ini juga favoritnya para pelajar. Banyak sekolah yang menjadikan Museum Tekstil Palembang sebagai destinasi study tour. Museum ini berada di tengah Kota Palembang, tepatnya berada di Jl. Diponegoro. Letaknya tak jauh dari Taman Kambang Iwak yang sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda ataupun dijadikan sebagai tempat jogging.

Museum ini akan mudah dijumpai karena berada di tengah kota. Pengunjung dari luar kota tidak akan sulit menemukan lokasinya. Ditambah lagi dilalui oleh kendaraan umum termasuk Trans Musi, sebuah sistem transportasi terbaik di Palembang. Jika  kamu berencana berkunjung ke Museum Tekstil Palembang menggunakan Trans Musi, ambil rute Sako – PIM atau Plaju – PS Mall dan berhenti di Halte Pasar Gubah.

Kamu bisa menggunakan kendaraan umum ke Museum Tekstil Palembang. Naik kendaraan dengan rute Bukit Besar, Sekip, serta Km 5. Kamu akan diantar sampai di depan Museum Tekstil Palembang. Selain itu kamu juga bisa naik bus kota, ambil rute Ampera – Bukit Besar. Baik Trans Musi, bus kota atau kendaraan umum lainnya ongkosnya sangat terjangkau.

Bangunan Museum Tekstil memiliki desain arsitektur bergaya Indonesia dan Eropa. Campuran antara arsitektur Eropa dan Indonesia ini membuat bangunan terlihat sangat mewah. Bangunan museum terdiri atas dua bagian. Bagian pertama adalah gedung utama yang digunakan sebagai museum. Bangunan kedua digunakan untuk kegiatan membatik. Ukuran bangunannya lebih kecil dari gedung utama.

BACA JUGA  Singapura Destinasi Wisata Ramah Bagi Muslim

Di dalam gedung utama terdapat 3 ruangan. Ruangan pertama adalah lobi tempat penjualan tiket masuk museum. Ruangan kedua adalah mini studio. Disini terdapat TV LCD dan beberapa kursi penonton yang bersusun seperti tangga menyerupai ruangan bioskop. Ruangan yang ketiga adalah ruangan tempat koleksi museum dipajang. Ruangan ini paling besar diantara ruangan lainnya,. Bentuknya memanjang tanpa sekatan. Ruangan ini dilengkapi AC sehingga pengunjung betah berlama-lama melihat koleksi. Selama berkeliling museum, seorang pemandu akan senastiasa menemani, kamu bisa bertanya banyak mengenai koleksi yang ada. Fasilitasnya yang lengkap membuat museum ini selalu dibanjiri pengunjung. Ditambah lagi harga tiket masuknya sangat terjangkau.

Semua koleksi yang disuguhkan berkaitan dengan tekstil. Dengan apiknya, di sini dipajang kain-kain batik yang sudah dibuat dari zaman dulu lengkap dengan alat-alat yang digunakan untuk membuat batik. Di tempat ini juga kamu bisa menemukan berbagai macam kain yang mencirikan kebudayaan khas masyarakat Palembang seperti Songket. Selain itu kamu juga bisa melihat alat tenun yang digunakan untuk membuat kain songket.

Setelah puas mengelilingi museum selanjutnya kamu bisa berkunjung ke gedung kecil di belakang museum untuk melihat langsung para pengrajin batik yang sedang membuat batik. Disini kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar membatik. Pengrajin batik dengan senang hati mengajarkan membatik kepada para pengunjung. Itulah mengapa Museum Tekstil Palembang menjadi destinasi wisata terfavorit bule yang mencintai batik.

Disekitar museum terdapat penjual makanan yang menjual makanan khas Palembang. Sempatkan dirimu untuk mencoba masakan khas Palembang disini. Menurut beberapa pengunjung masakannya enak-enak dan beragam. Menyicipi jajanan khas Palembang mampu mengusir lapar. Selain itu ada juga yang jual makanan cepat saji dan masakan nusantara lainnya.

BACA JUGA  Begini Kecantikan Asli Wisata Laut di Tidore

Tak jauh dari Museum Teksil Palembang terdapat beberapa hotel untuk tempat menginap. Jika kamu membutuhkan penginapan kamu bisa cek di www.hotelmurah.com. Tersedia beberapa pilihan hotel dengan rate yang terjangkau.

Tunggu apa lagi, masukkan Museum Tekstil Palembang kedalam bucket list mu dan pesan tiket pesawatnya sekarang juga di www.hotelmurah.com/tiketpesawat

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
wisata alam punti kayu

Hutan Pinus Punti Kayu Katanya Romantis Abis

tempat wisata di kota Palembang

Pilihan 11 Tempat Wisata di Kota Palembang, no 3 Bikin Jantungan