in

Kelebihan Token Listrik, Biaya dan Syarat Pemasangannya

Istilah token listrik sering kali diperbincangkan ketika seseorang membahas sistem kelistrikan. Token dinilai sebagai sistem smart listrik yang memungkinkan penggunanya menyesuaikan antara kebutuhan listrik dengan kemampuan finansial. Sistem ini memiliki sejumlah kebijakan yang lebih menguntungkan daripada listrik pascabayar karena pengguna tidak perlu cek tagihan listrik terlebih dahulu.

Kelebihan Token Listrik

 

Ingin memasang listrik token di rumah? Sebelum beli token di hotelmurah.com misalnya, cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaat dan kelebihan listrik token listrik. Semakin mengenal Anda dengan sistemnya, semakin besar pula keuntungan yang didapatkan. Berikut sejumlah keistimewaan listrik prabayar:

  1. Penggunaan listrik terkontrol dengan baik

Disebut terkontrol karena sistem prabayar tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan energi listrik secara berlebihan. Ada pulsa token yang bisa habis dengan cepat ketika penggunaan listrik di luar kebiasaan.

Itulah mengapa penghematan benar-benar dilakukan ketika membeli listrik prabayar. Anda tidak bisa lagi menggunakan barang elektronik sesuka hati seperti pengguna listrik pascabayar.

  1. Tidak putus sambungan listrik ketika telat melunasi tagihan

Salah satu sanksi yang akan diberikan PLN pada pengguna listrik pascabayar ketika tidak melakukan cek tagihan listrik kemudian melunasinya adalah putus sambungan listrik. Alhasil, Anda harus menerima rumah gelap karena tagihan listrik tidak dilunasi.

Berbanding terbalik dengan listrik token yang tidak diputus sambungannya ketika Anda telat melunasi tagihan. Mengapa? Tidak ada tanggungan tagihan di akhir bulan sebagaimana listrik pascabayar. Seluruh pembayaran telah dilakukan sebelum energi listrik digunakan. Putusan sambungan listrik hanya terjadi jika pulsa token di rumah Anda habis.

  1. Pembelian pulsa disesuaikan dengan kebutuhan listrik bulanan

Ketika membeli kuota data atau pulsa seluler, tentu Anda mengetahui berapa nominal yang Anda butuhkan? Sama seperti membeli pulsa seluler, pembelian pulsa token juga disesuaikan dengan kebutuhan bulanan. Jadi, Anda tidak perlu membayar tagihan listrik hingga ratusan ribu bahkan jutaan per bulannya.

BACA JUGA  7 Cara Cek Pembayaran Listrik Dengan Mudah dan Cepat

Pembelian listrik token minimal Rp 20.000. Dengan nominal tersebut, Anda sudah bisa menggunakan listrik untuk beberapa hari ke depan bahkan lebih dari itu bila bisa menghemat penggunaan barang elektronik.

Berapa biaya pemasangan token listrik?

Setelah mengetahui sejumlah manfaat smart listrik, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Sebelum mengurus syarat pemasangan, ada beberapa hal lainnya yang harus Anda persiapan ketika berencana memasang token yakni biaya.

Pemasangan listrik token tidak seperti membeli pulsa token yang bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan mengunjungi website atau aplikasi penjualan token. Ada beberapa biaya yang dibebankan untuk pemasangan listrik token, di antaranya adalah:

  1. Biaya Sambung Daya

PLN tidak memberikan secara cuma-cuma pemasangan listrik prabayar pada masyarakat. Terdapat biaya sambung daya yang harus Anda lunasi sebelum listrik benar-benar bisa digunakan sebagaimana seharusnya.

Biaya sambung daya ditetapkan berdasarkan pada besar sambungan daya yang digunakan di rumah. Perhitungannya berbeda-beda. Biaya sambung daya sebelumnya telah ditetapkan di mana biaya sambung daya untuk energi 450 VA adalah Rp 421.000. Sementara untuk energi 900 VA mewajibkan Anda membayar sekitar 2x lipatnya sebesar Rp 843.000.

Besaran biaya sambung daya memang sangat besar, jadi siapkan terlebih dahulu budgetnya baru mencari tahu cara pasang token listrik yang baik dan benar.

  1. Biaya Pengurusan SLO

Ada biaya lain selain biaya sambung daya yang harus dilunasi yakni biaya SLO. SLO menjadi salah satu persyaratan dokumen wajib yang harus diserahkan pemohon ketika mengajukan pemasangan listrik token.

Tanpa SLO, pengajuan Anda tidak bisa diluluskan oleh staf yang berwenang. Untuk syarat dan bagaimana cara pengurusan SLO bisa Anda temukan di internet. Sementara biaya SLO yang dibebankan juga dibedakan berdasarkan besaran daya.

BACA JUGA  Untung Mana? Tagihan Listrik Pascabayar vs Prabayar

Untuk nominal terendah Rp 40.000 per 450 VA lalu Rp 60.000 per 900 VA dan yang paling tinggi adalah Rp 95.000 untuk energi 1.300 VA. Jika Anda sejak awal menginginkan pasang listrik token dengan daya 900 VA maka total biaya yang harus Anda lunasi Rp 60.000+ Rp 843.000 = Rp 903.000.

Meskipun cukup mahal, di masa depan Anda bisa melakukan penghematan listrik 2x lipat lebih tinggi daripada penggunaan listrik pascabayar. Jika properti yang Anda miliki lebih dari satu, pasang listrik token di hunian yang paling sering Anda tempati.

Setelah memasang listrik token, janganlah berpangku tangan. Cari tahu pula informasi mengenai cara beli token listrik. Entah secara offline maupun online melalui aplikasi juga situs jual token listrik terpercaya.

Syarat pasang listrik token di rumah

Jika dana yang dibutuhkan untuk melunasi pemasangan listrik telah terkumpul semua. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melengkapi seluruh persyaratan dokumentasi.

Selain harus membuat SLO, apalagi persyaratan yang ditetapkan?

  • Identitas Pribadi

Ini dibutuhkan untuk administrasi, ada pun jenis kartu identitas yang diterima adalah SIM atau KTP. Selain membawa yang asli, bawa juga beberapa lembar foto copy identitas Anda.

  • Struk Pelunasan Biaya Penyambungan Listrik Prabayar

Di atas adalah biaya penyambungan listrik, lunasi biayanya karena struk yang Anda dapatkan termasuk dalam daftar syarat pemasangan token. Maka setelah mendapatkan struk pelunasan, simpanlah dengan sebaik mungkin di dompet atau tas Anda.

Jangan sampai struk yang sangat penting tersebut sampai hilang atau terselip di suatu tempat. Jika struk hilang mau tidak mau Anda harus mengurus kembali struk tersebut agar mendapatkan penggantinya.

  • Denah Lokasi Properti

Mengapa harus menyertai denah lokasi? Karena dala prosedur pemasangan listrik token, PLN akan mengirim teknisi mereka untuk melakukan survey lapangan. Survei lapangan sangat penting karena akan menjadi salah satu indikasi permohonan pengajuan listrik token Anda disetujui atau justru mereka tolak.

BACA JUGA  5 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Berikan denah lokasi yang sebenar-benarnya, jangan menyertai denah lokasi property yang berbeda dari property aslinya. Karena pasti akan langsung ketahuan oleh teknisi PLN.

  • Materai Rp 6.000

Dan persyaratan terakhir yang bisa Anda persiapkan adalah materai Rp 6.000. Jumlah materai yang dibutuhkan adalah dua buah. Materai ini menjadi saksi pengikat di atas hukum yang menandakan jika pengajuan pemasangan listrik token Anda legal.

Itulah beberapa persyaratan dokumentasi pemasangan listrik token di Indonesia. Jika Anda telah menyiapkan berkas dokumennya, silakan lakukan cek rekening listrik milik tetangga sekitar. Informasi rekening listrik ini dibutuhkan pada saat Anda mengajukan permohonan melalui Call Centre 123.

Selain melakukan pendaftaran pemasangan listrik token via Call Centre, Anda juga bisa membuka situs PLN untuk mendaftar langsung melalui website resmi mereka. Di mana dan kapan pun Anda mendaftar, lakukan pendaftaran hanya jika Anda memenuhi persyaratan di atas.

Sehingga pengajuan yang dilakukan bisa diproses sesegera mungkin oleh PLN. Percuma mengajukan permohonan jika masih ada beberapa syarat dokumen dan teknis yang belum Anda penuhi. Jika tidak terbiasa mengurus pemasangan listrik token seorang diri, tidak ada salahnya minta bantuan pada yang lebih ahli.

Anda bisa meminta bantuan dari kerabat dekat, saudara atau bahkan jasa yang lebih profesional. Semakin cepat berkas administrasi terlengkapi, semakin besar pula kemungkinan Anda bisa menikmati token listrik di masa depan.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
tagihan listrik pascabayar

Untung Mana? Tagihan Listrik Pascabayar vs Prabayar

alat penghemat listrik

Mekanisme Kerja Dari Alat Penghemat Listrik