in ,

2 Macam Tutorial Cek Tagihan Listrik Medan

cek tagihan listrik medan

Selain tidak akrab dengan jenis-jenis listrik, Anda juga tidak mengetahui bagaimana cek tagihan listrik Medan dengan benar. Padahal keduanya penting untuk menjaga tagihan listrik tetap stabil. Sekaligus membantu Anda lebih memahami informasi-informasi menarik seputar kelistrikan.

Kenali jenis-jenis listrik berikut

tutorial cek tagihan listrik medan terbaik

  1. Listrik Statis

Berdasarkan cara mengalirnya, Anda akan menemukan listrik statis dan listrik dinamis. Lantas, apa itu listrik statis? Bila diartikan secara harfiah, statis artinya diam. Sehingga listrik statis adalah arus listrik diam yang tidak bergerak. Contoh listrik statis bisa Anda temukan di mana saja termasuk eksperimen menggosok papan penggaris pada helaian rambut.

  1. Listrik Dinamis

Bila ada listrik yang diam tentunya ada listrik yang bergerak dikenal sebagai listrik dinamis. Listrik ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya pada perlengkapan elektronik seperti radio, komputer juga televisi.

  1. Listrik AC

Berdasarkan jenis alirannya, listrik juga dibagi menjadi dua yakni listrik AC dan listrik DC. Yang dimaksud dengan alternating current listrik adalah listrik bolak balik yang bentuknya menyerupai gerakan ombak air.

Pada Frekuensi PLN, penggunana listrik AC-nya mencapai 50 Hz. Jenis listrik ini butuh motor penggerak untuk mendistribusikan listrik ke perumahan, industri dari generator. Jadi saat cek tagihan listrik, secara idak langsung juga ada alisan listrik AC yang Anda bayarkan.

  1. Listrik DC

Terakhir adalah listrik direct current yang punya kutub negatif dan kutub positif. Berbeda dari listrik AC yang lebih bergelombang, listrik DC justru bergerak mendatar dan halus tampak sama seperti benang. Arusnya yang tenang dan soft membuat listrik DC akrab digunakan pada komputer, radio, smartphone atau DVD.

BACA JUGA  Mekanisme Kerja Dari Alat Penghemat Listrik

Itulah jenis-jenis listrik yang akrab dalam kehidupan kita. Kita mungkin tidak menyadari dan tidak tahu apa jenis listrik yang digunakan. Tapi tanpa kehadiran listrik, banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan dengan baik dan optimal.

Tutorial cek tagihan listrik Medan

cek tagihan listrik medan

Sudah cukup familier dengan jenis-jenis listrik sebagaimana yang dijelaskan di atas. Sebelum belajar lebih jauh tentang kelistrikan, kuasai terlebih dahulu dua cara cek tagihan prabayar atau pascabayar listrik di bawah ini:

  1. Prabayar Listrik

Sebelum memilih listrik prabayar, Anda sudah harus memutuskan akan melakukan checking di aplikasi atau website? Keduanya sama-sama potensial dan aman juga transparan. Setelah pilih salah satu media tersebut, input ID pelanggan prabayar Anda. Isi persyaratan lain yang diminta. Lanjutkan dengan memilih jumlah pulsa token, minimal pulsa yang ditawarkan Rp 20 ribu.

Setelah yakin dengan jumlah pulsa token yang ingin Anda beli, pilih lanjutkan ke menu pembayaran. Silakan pilih metode pembayaran, Anda bisa bayar tagihan listrik via mobile banking atau dompet digital.

  1. Pascabayar Listrik

Untuk permulaan, pilih aplikasi atau website. Perbedaan utama antara pascabayar dan prabayar listrik adalah jumlah tagihan. Jika pada menu tagihan pascabayar listrik, nominal tagihannya akan keluar setelah Anda input data. Sementara, token prabayar jumlah nominalnya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk cek tagihannya, silakan masukan ID pascabayar Anda di kolom yang benar. Umumnya hanya tersedia nomor ID dan ponsel sebagai persyaratan cek tagihan. Tunggu hingga jumlah tagihan listrik pascabayar Anda ditampilkan, silakan lunasi tagihan dengan mengikuti tutorial pembayarannya.

Kedua cara di atas, memungkinkan Anda menyelesaikan urusan tagihan listrik dengan sekejap. Anda tidak perlu keluar rumah, cukup bayar di ruang keluarga sambil menonton serial televisi juga bisa. Setiap bulan, pastikan Anda telah melakukan cek tagihan listrik Medan rutin untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

BACA JUGA  Kelebihan Token Listrik, Biaya dan Syarat Pemasangannya

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
cek tagihan listrik jambi

Cek Tagihan Listrik Jambi dan 4 Tips Penting yang Perlu Diketahui

cara top up dana lewat m-banking BCA

Paling Praktis! Bagaimana Cara Top Up DANA Lewat M-Banking BCA